Besok, Kamis PN Manokwari Gelar Sidang Terdakwa Erik Aliknoe,Cs

KORANDAERAH.COM,Manokwari– Sidang perkara pidana “makar” atas nama terdakwa Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe di Pengadikan Negeri (PN) Manokwari , Kamis (14/5/2020). Hal itu disampaikan Koordinator Penasihat Hukum terdakwa Yan Christian Warinussy,

. “Agenda sidang adalah mendengar pembacaan Surat Tuntutan (requisitoire) Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari. Sesuai informasi yang disampaikan di persidangan Selasa, 12/5 lalu bahwa JPU masih menunggu konfirmasi dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat mengenai rencana tuntutan pidana terhadap ketiga orant Mahasiswa Universitas Papua (Unipa) tersebut,” ungkap Yan Christian Warinussy .

Lanjut Yan, bahwa dalam praktek persidangan pidana makar, jika JPU telah membuat dan atau menyusun rencana tuntutan pidana, khususnya tentang lama pidana penjara yang hendak disampaikan kepada majelis hakim mengenai terdakwa. Maka JPU pada Kejaksaan Negeri harus mengajukan rencana tuntutan (rentut) nya kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) hingga ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI).

Untuk itu akan diperlukan waktu agak lama untuk memperoleh kepastian mengenai berapa besar tuntutan pidana yang mesti dijatuhkan kepada seorang atau lebih terdakwa. Inilah realita yang sedang dihadapi oleh ketiga klien kami tersebut saat ini.

“Kami selaku Penasihat Hukum (PH) Erik Aliknoe, dkk berharapa JPU Benoni Kombado dapat segera memperoleh konfirmasi dari Kejati Papua Barat mengenai tuntutan pidana bagi diri ketiga terdakwa.”

” Dengan demikian, persidangannya dapat segera diselesaikan demi tercapainya kepastian hukum dan keadilan bagi Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe,” ujar Advokat Yan Christian Warinussy selaku Koordinator Tim Penasihat Hukum Erik Aliknoe, dkk. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: